Beberapa Keunggulan Granit Lebih Baik Daripada Keramik

Desain Interior dan Furniture Set. Distributor & Supplier : Granit, Onix, Marmer


Kekuatan
Dari sisi kekuatan, granit lebih unggul dibandingkan keramik. Ubin granit diproduksi dengan melalui proses pembakaran di suhu yang lebih tinggi (1230° C) dan dipress dengan kekuatan 7200 PH. Hal ini menjadikan material granit lebih menyatu dan lebih padat.
Berbeda dengan keramik yang dibakar pada suhu sekitar 1000° C. Keramik memiliki sifat rapuh walaupun keras dan kaku.
Modulus of repture atau kekuatan keramik terukur ada pada kisaran 300 kg/cm2, sedangkan kekuatan granit lebih besar, yaitu sekitar 450 kg /cm2.
Anda bisa mencoba memotong keramik dan granit menggunakan grinda untuk mengetahui secara pasti perbandingan kekuatan granit dan keramik. Atau bisa juga mengkonfirmasikannya pada tukang bangunan yang biasa memasang tile granit dan keramik untuk mengetahui kekuatan kedua bahan tersebut.
Ketahanan Terhadap Goresan
Permukaan keramik dibuat dengan melaipiskan bahan glasur (pasir kuarsa) supaya tampak lebih mengkilap. Akan tetapi, bahan ini tidak cukup kuat terhadap adanya gesekan. Sedangkan permukaan granit tidak dilapisi bahan glasur, tetapi mengalami proses pemolesan untuk mendapatkan permukaan yang mengkilap. Hal ini menjadikan tile granit lebih tahan terhadap goresan dibandingkan keramik. Meskipun bukan berarti bahwa bahan granit tahan gores. Beberapa bahan keras seperti paku, kaca, ataupun pecahan granit / keramik dapat menimbulkan goresan pada permukaan granit.
Oleh karena itu, kehatian-hatian dan kebersihan satt proses pemasangan granit tetap diperlukan agar tidak terjadi goresan pada permukaan lantai.
Presisi / Ke-siku-an
Semua ubin granit adalah cutting size, jadi tingkat persisinya sangat siku sekali sehingga hanya memerlukan nat selebar 1mm dalam pemasangannya. Sedangkan keramik ada 2 jenis : keramik uncutting dan cutting size. Jika memakai keramik uncutting maka diperlukan lebar nat +- 2-3mm yang artinya tingkat persisinya kurang baik sedangkan jika memakai cutting size tidak bermasalah sama seperti granit presisinya.
Dari ketiga poin di atas, bisa dipastikan kita akan memilih menggunakan granite tile untuk keperluan pelapis lantai rumah kita. Namun, Anda juga perlu memperhatikan beberapa poin berikut :
·         Variasi Pola
Berkaitan dengan proses pembuatan permukaan, keramik memiliki lebih banyak variasi pola dan warna permukaan. Jika Anda termasuk orang yang gemar dengan pola pola ornamen dan warna, kemungkinan besar variasi yang tersedia pada keramik akan lebih menarik bagi Anda.
·         Ketahanan Noda
Keramik biasa sangat kuat terhadap segala jenis noda karena tidak memiliki pori – pori. Sedangkan granit terdapat 2 jenis, pertama granite tile generasi 1 (disebut printing biasa), meiliki sifat tidak tahan terhadap noda karena pori-porinya cukup besar dan dapat menyerap cairan sehingga menimbulkan flex. Jenis kedua adalah granite tile generasi 2-3 yang sama sekali tidak menyerap noda karena pori-porinya sudah ditutup melalui proses crystalisasi. Ubin granit generasi 2 – 3 ini memiliki sifat ketahanan terhadap noda sama seperti keramik biasa. Tetapi tentu saja granite tile generasi 2 – 3 memiliki harga di atas generasi 1.
·         Perawatan
Keramik lebih tidak tahan gores maka lama kelamaan permukaan akan penuh dengan goresan sehingga terkesan kotor dan warna jadi kusam dan tidak bisa diperbaiki lagi. Solusi nya adalah dengan menggantinya (bongkar dan pasang). Granite tile tidak bermasalah jika tampak kusam karena goresan – goresan kecil dan dangkal. Masalah tersebut dapat diatasi dengan memoles permukaan granit dengan bubuk poles yang memiliki harga relatif murah (sekitar 50 ribu rupiah) dan mudah penggunaannya maka akan tampak baru lagi dan mengkilap seperti baru.
Tetapi jika granite terkena noda (untuk jenis yangg tidak tahan noda) maka akan terjadi masalah serius, sulit dibersihkan kecuali noda tersebut masih baru (1-3 hari). Biasanya masih bisa dibersihkan menggunakan cairan penghilang noda.
Sifat ketahanan keramik yang lebih baik terhadap noda dan ketahanan granit terhadap goresan perlu kita perhatikan sebagai aspek untuk menentukan lokasi pemasangan dari kedua bahan.
Sebagai contoh, misalnya, untuk penggunaan di area dapur yang sering terkena cipratan minyak atau noda-noda lain (kecap atau bahan cair lain), penulis (secara pribadi) lebih memilih mengaplikasikan keramik daripada granit. Kecuali Anda memiliki pilihan untuk menggunakan granit generasi 2 – 3 yang harganya lebih mahal dari granit biasa.
·         Harga
Jika melihat masalah harga, tentu saja ubin granit relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan keramik. Tetapi sudah menjadi patokan, bahwa harga membawa kualitas. Jadi, Anda sendiri yang bisa menentukan, mana pelapis lantai terbaik untuk rumah idaman Anda.

Contact Person :
Candratama Granit
Interior Design With Knockdown System
Interior Design, Furniture Set
Supplier & Distributor : Granit, Onix, Marmer
Jl.Veteran Perum Bukit Permai Mojoroto Blok A-8
Kediri Jawa Timur
No. Hp : 082177247777  /  085779497777  (Firman Wahyu Tama) 
                  03547411201 (Kantor)


Fb/Instagram/Twitter : Candratama Granites
Website : www.candratamagranites.com
                  www.kedirimarmer.com


Comments